white beautiful girl's finger hold card with her right hand and phone with her left hand

Alasan Kartu Nama Pintar Bisa Menjadi Branding Collateral Terbaik

Dalam dunia pembuatan konten online yang berkembang pesat, branding collateral dasar seperti kartu nama berkualitas, desain kop surat, dan desain logo perusahaan masih penting di jaman ini. Saat ini, branding sering disalahpahami sebagai teknik pemasaran internet yang dipermudah oleh media sosial dan taktik online lainnya. Namun, branding tidak hidup dalam kondisi kekosongan, dan kesuksesan membutuhkan perspektif global yang lebih besar. Sangat penting bagi Anda untuk menggabungkan materi pemasaran internet Anda dengan materi pemasaran offline seperti kartu nama profesional, desain logo pendukung yang efektif, dan kop surat yang menarik. Pertama, mari kita pahami lebih lanjut tentang branding collateral.


Apa yang dimaksud dengan Branding Collateral?

alat-alat branding collateral

Branding collateral adalah sekelompok media yang digunakan untuk memasarkan merek dan membantu pemasaran dan penjualan barang atau jasa. Ini adalah manifestasi fisik dari merek, yang dibuat sesuai dengan prinsip dan karakter panduannya. Konsistensi adalah fondasi dari setiap merek yang kredibel dan dapat dikenali. Klien dan pelanggan potensial mulai mengidentifikasi merek dengan gambar tertentu ketika mereka menggunakan warna, logo, tipografi, pola, dan gambar yang sama lagi. Metode termudah untuk membangun konsistensi untuk merek Anda adalah melalui materi kolateral Anda.

Jenis-jenis Branding Collateral

orang pintar mencari tahu jenis jaminan merek terbaik untuk mereknya

Ada berbagai macam jenis branding collateral, seperti:

Kartu Nama

Kartu nama adalah brand collateral pertama yang berwujud fisik yang dibagikan selama pertemuan dengan investor, vendor, dan pihak luar yang berbeda, sehingga kartu nama memegang posisi penting dalam daftar brand collateral. Semua eksekutif perusahaan, dari manajemen atas ke bawah, memiliki kartu nama yang menampilkan nama perusahaan, logonya, lokasinya, ajakan untuk bertindak, dan jabatan posisi mereka.

Item Alat Tulis

Kop surat, amplop, buku harian bisnis, buku catatan, pulpen, dan produk alat tulis lainnya, semuanya dikembangkan dengan mempertimbangkan konsep desain akhir merek dan estetika kreatif. Mereka juga menyandang lambang, maskot, dan tagline merek. Kualitas kertas yang digunakan untuk pencetakan kop surat dan amplop juga dipilih sesuai dengan komponen desain, sifat, dan juga bidang merek.

Brosur Perusahaan

Brosur perusahaan menempati posisi yang signifikan dalam daftar kolateral merek, karena dengan rinci menjelaskan secara cermat produk dan layanan perusahaan di masa lalu, sekarang, dan masa depan, serta profil promotor dan tokoh manajemen utama, pernyataan misi dan visi, nilai-nilai dasar, tujuan, dan fundamental merek.

Ini sekaligus mempromosikan manfaat merek dan biasanya didistribusikan ke komunitas investasi, konsumen, dan tenaga penjualan di pameran dagang, pameran, dan tempat penjualan.

Brosur Produk dan Layanan

Brosur yang disesuaikan dan didedikasikan untuk memaparkan barang dan layanan merek, berada di urutan berikutnya. Dalam brosur, fakta-fakta penting tentang merek dan perusahaan disorot, termasuk sifat produk, karakteristiknya, proposisi penjualan uniknya, cara pembuatannya, dan bagaimana manfaatnya bagi konsumen.

Selain memiliki salinan cetak, perusahaan juga memilih berbagai format termasuk brosur elektronik dan brosur video dalam upaya untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan dan mengikuti perubahan teknologi.

Situs Web

Setiap merek harus memiliki situs web yang dirancang dengan baik yang menampilkan semua informasi perusahaan, termasuk sejarah merek, kisah sukses, profil promotor dan direktur, penawaran produk dan layanan, nilai-nilai inti merek, pernyataan visi dan misi, testimonial pelanggan, dan informasi kontak dengan alamat perusahaan, alamat email, dan nomor telepon selain formulir pertanyaan untuk menghasilkan prospek yang diperlukan.

Selain item yang disebutkan di atas, daftar kolateral merek juga mencakup perlengkapan pengemasan, presentasi PowerPoint, buku merek, buku meja kopi, video perusahaan, standee, plang, dan item promosi lainnya yang berfungsi sebagai identitas fisik merek. Satuvision adalah salah satu contoh perusahaan yang memiliki situs web yang dirancang dengan baik.

Baca Juga: Keberlanjutan Kartu Nama Pintar

Manfaat Branding Collateral

tiga orang, wanita mendengarkan musik dengan headphone di sisi kiri, seorang pria menonton ipad-nya di tengah, dan seorang gadis berambut pendek memegang ponselnya di sisi kanan

Ini adalah beberapa manfaat mengapa branding collateral penting bagi perusahaan, seperti:

Memberikan Informasi kepada Pelanggan

Sangat penting bagi staf penjualan bisnis untuk memberikan sesuatu yang bersifat fisik kepada klien pada tahap penjualan atau pembelian yang menonjolkan karakteristik perusahaan, nilai merek, dan spesifikasi produk dan layanan yang diberikan dalam bentuk grafis dan materi. Tim penjualan mendapat manfaat karena mampu menyelesaikan transaksi secara efisien dan berhasil serta memberikan informasi tentang perusahaan.

Setelah pertemuan dengan staf penjualan, pelanggan juga membawa brosur perusahaan dan produk bersamanya, dan ada kemungkinan besar dia akan membagikannya dengan jejaring sosialnya, yang selanjutnya akan menyebarkan berita tentang perusahaan.

Alat Periklanan

Staf penjualan menggunakan kolateral merek sebagai alat promosi dan hal-hal pada titik penjualan dan pembelian di berbagai acara, pameran dagang, acara yang disponsori, dan pameran untuk menyoroti profil merek, nilai-nilai inti, USP, dan penawaran produk dan layanan.

Menampilkan Sifat dan Nilai-Nilai Merek

Untuk memberikan merek keunggulan kompetitif di pasar, komponen kreatif dan desain yang digunakan dalam perencanaan, pembuatan, dan pelaksanaan branding collateral berbicara secara luas tentang sifat merek dan nilai-nilainya. Fitur-fitur kreatif, kualitas cetak, dan estetika desain yang digunakan dalam berbagai bagian kolateral, seperti brosur, iklan cetak, dan standee, sering digunakan oleh pembeli untuk menilai sebuah perusahaan.

Baca Juga: Smart Tag NFC: Apa Keuntungannya?

Fungsi dari Branding Collateral

seorang pria yang penasaran melihat profilnya di ponsel dan laptop di depannya
  • Teknik pemasaran dan promosi penjualan dibuat lebih sederhana dan lebih sukses dengan branding collateral.
  • Salah satu elemen paling kompleks dan krusial dari keseluruhan perencanaan dan strategi merek adalah branding collateral-nya.
  • Tujuan dari adalah untuk menginformasikan kepada publik tentang reputasi perusahaan sambil mempromosikan barang dan jasanya.
  • Branding collateral menggunakan estetika desain, konten, dan komponen kreatif lainnya untuk membuat kesan pertama pada pelanggan dan untuk menyoroti nilai-nilai penting dan identitas merek suatu organisasi secara keseluruhan.

Mengapa Kartu Nama Cerdas Bisa Menjadi Branding Collateral Terbaik?

Banyak merek menjadi lebih ramah lingkungan sebagai hasil dari peningkatan teknologi dan perubahan preferensi konsumen dengan menggunakan situs web, kartu nama pintar, dan aplikasi seluler sebagai branding collateral utama mereka. Mengingat bahwa sangat penting untuk memadukan taktik pemasaran online dan offline, kartu nama pintar dapat menjadi yang ideal untuk digunakan perusahaan. Kombinasi alat pemasaran offline dan online, kartu nama pintar berguna untuk inisiatif branding. Selain itu, kartu nama pintar mencakup fitur ajakan bertindak, lokasi, judul, dan logo. Dengan ini, bisnis dapat menampilkan dirinya dalam pertemuan dengan investor, vendor, pihak luar, dll. dengan citra profesionalisme yang lebih kuat.

Baca Juga: Perkembangan Kartu Nama Kertas Menjadi Kartu Digital

Kesimpulan

Dengan segala perubahan dan pertumbuhan yang terjadi di sektor pemasaran, memiliki basic branding collateral masih penting untuk dimiliki oleh bisnis. Oleh karena itu GOTAP, penyedia kartu nama pintar berkualitas tinggi, dapat mendukung perusahaan lain untuk meningkatkan dan memanfaatkan materi branding mereka secara lebih efisien.