smart tag and smart business card between eye-glasses, notebook, pen, mini-plant on black desk

Kartu Digital – Bisnis Inovasi yang Cerdas

Pasar kartu pembayaran, yang menggunakan kartu pintar, kini masih terus berkembang karena meningkatnya pembayaran kartu tanpa kontak dan keinginan untuk memiliki solusi pembayaran sesuai permintaan. Pasar untuk kartu pintar berkembang seiring dengan inovasi bisnis dan perusahaan berusaha keras untuk menyediakan opsi kartu pembayaran inovatif kepada pelanggan mereka yang memungkinkan mereka untuk berdagang di lingkungan pembayaran yang lebih luas. Namun, pertama-tama mari kita dapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai konsep inovasi dan bisnis.


Tampilan Singkat

Definisi Inovasi Bisnis

jari pria menyentuh lampu yang dibentuk oleh ikon jaringan

Inovasi adalah penciptaan produk, layanan, model bisnis, atau strategi baru yang praktis. Inovasi tidak selalu melibatkan kemajuan yang signifikan dalam teknologi atau strategi bisnis yang baru; inovasi bisa sesederhana perbaikan layanan pelanggan di perusahaan atau penambahan fitur pada produk yang sudah ada. Ide inovatif juga harus bisa diterapkan agar memenuhi syarat. Inovasi tidak selalu dihasilkan dari ide-ide kreatif karena mereka tidak selalu menawarkan tanggapan yang dapat digunakan untuk masalah.

Adapun bisnis inovasi adalah prosedur yang digunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan proses, teknik, layanan, atau produk baru. Inovasi perusahaan harus memfasilitasi pencapaian tujuan secara menyeluruh, dengan fokus pada pencapaian tujuan dan proyek bisnis utama. Inovasi sering kali dimulai dengan pembuatan ide, di mana konsep-konsep diasah selama sesi curah pendapat, dan para pemimpin kemudian mempertimbangkan kelayakan komersial, kelayakan, dan keinginan setiap ide. Inovasi bisnis harus meningkatkan barang, layanan, atau prosedur yang ada saat ini, atau harus memberikan solusi untuk suatu masalah, atau harus menemukan pasar baru.

Pentingnya Inovasi Bisnis

empat orang berdiskusi tentang inovasi dalam bisnis untuk pertumbuhan perusahaan mereka

Proses inovasi bisnis dirancang untuk menambah nilai bagi perusahaan. Nilai ini dapat dihasilkan dengan membuka aliran pendapatan baru atau meningkatkan pendapatan melalui saluran yang sudah ada, dengan mengembangkan efisiensi yang menghemat waktu, uang, atau keduanya, atau dengan meningkatkan output atau kinerja. Dengan kata lain, inovasi harus meningkatkan profitabilitas. Hasil dari proses inovasi organisasi juga harus memberikan keunggulan kompetitif, memungkinkannya untuk memperluas dan memenuhi atau, bahkan lebih baik, melampaui tujuan strategisnya.

Tipe-Tipe Inovasi Bisnis

banyak lampu di papan tulis, lampu di tengah terang

Ada banyak bentuk inovasi korporat yang perlu dipertimbangkan, seperti:

Inovasi Model Bisnis

Ketika sebuah perusahaan menciptakan model bisnis atau industri baru, ini dikenal sebagai inovasi model bisnis. Model bisnis di mana perusahaan melakukan operasinya melalui situs web e-commerce, misalnya, dapat digunakan oleh pengadopsi awal ekosistem digital yang dikenal sebagai pengecer e-commerce. Bisnis ini memelopori industri ritel dan e-commerce dan telah berkembang menjadi salah satu perusahaan e-commerce dan ritel terbesar di dunia dengan membangun server, infrastruktur digital, dan gudang fisik. Strategi bisnis yang inovatif dapat memengaruhi cara perusahaan memasarkan barangnya, menghasilkan pendapatan, dan mengatur operasi internalnya.

Inovasi Produk dan Kinerja

Produk dan kinerja adalah ketika perusahaan memperkenalkan inovasi atau meningkatkan fungsionalitas produk yang sudah ada, ini adalah inovasi. Pelanggan sering kali berdampak pada jenis inovasi ini dengan meminta perbaikan pada fitur atau fungsi produk agar lebih aman, lebih murah, lebih akurat dengan harga pasarnya, atau agar sesuai dengan kebutuhan tertentu. Bentuk inovasi ini juga dapat dipengaruhi oleh persaingan, dengan bisnis yang berfokus pada pengembangan item terbesar untuk menonjol dari saingan dan menarik klien baru. Inovasi semacam ini sering terjadi dalam bisnis dan sering kali berdampak signifikan pada persaingan industri.

Inovasi Proses

Inovasi proses adalah ketika bisnis mengembangkan atau meningkatkan metodenya untuk memproduksi, mendistribusikan, atau menyediakan produk dan layanan, serta metodenya untuk menyediakan dukungan pelanggan. Karena kemampuannya untuk berkonsentrasi pada peningkatan kecepatan atau efisiensi proses tertentu, bentuk inovasi ini sering membantu upaya perusahaan untuk mengurangi biaya. Misalnya, produsen mungkin mengembangkan metode baru untuk mencetak plastik yang dapat mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk mencetak dan, sebagai hasilnya, menurunkan biaya beberapa produk mereka untuk konsumen. Biasanya, dua faktor utama yang memengaruhi inovasi proses dalam perusahaan adalah permintaan pelanggan dan biaya operasional.

Inovasi Jaringan

Ketika perusahaan mengubah, meningkatkan, atau mengembangkan strategi yang sama sekali baru untuk jaringan dan kolaborasi, ini disebut sebagai inovasi jaringan. Perusahaan dapat mencari mitra atau klien tertentu, yang memerlukan penggunaan teknik jaringan baru atau yang ditingkatkan. Misalnya, sebuah bisnis dapat memilih untuk meluncurkan situs web karir baru untuk menarik kandidat yang tepat untuk lowongan tertentu. Perusahaan dapat membangun lebih banyak hubungan, membuat koneksi baru dalam industri, dan meningkatkan kumpulan karyawan dan kontraktor potensial dengan mengubah cara orang berinteraksi.

Inovasi Pemasaran dan Penjualan

Ketika perusahaan berinovasi dalam cara memasarkan barang dan jasanya, ini disebut sebagai inovasi pemasaran atau penjualan. Departemen pemasaran perusahaan sering kali selalu menciptakan karena pemasaran sangat penting bagi operasi perusahaan. Mengembangkan saluran baru untuk menarik klien, prospek, dan penjualan dapat membantu perusahaan menghasilkan lebih banyak pendapatan. Misalnya, sebuah bisnis mungkin mengembangkan strategi pemasaran baru yang menggunakan kecerdasan buatan untuk memeriksa pola pembelian pelanggan sebelum menampilkan iklan kepada mereka. Dengan membatasi iklan hanya pada iklan yang relevan dan dapat memengaruhi keputusan pelanggan untuk melakukan pembelian, bisnis dapat menjangkau orang yang tepat dengan lebih baik.

Inovasi Teknologi

Inovasi teknologi adalah proses di mana perusahaan mengembangkan teknologi baru atau meningkatkan atau memperluas teknologi yang sudah ada. Kemajuan teknologi dapat meningkatkan pendapatan bisnis, memengaruhi loyalitas merek konsumen, dan membedakan perusahaan dari para pesaingnya. Ambil bisnis teknologi sebagai contoh. Mereka berkontribusi pada pengembangan komputer pribadi dan kemudian mengembangkan lini produk yang berubah dari waktu ke waktu dan mengandalkan inovasi untuk memenuhi permintaan konsumen yang bergeser. Selain itu, inovasi teknologi dapat membantu bisnis dalam meningkatkan tempat kerja atau prosedur operasionalnya untuk menyediakan kondisi kerja yang lebih baik dan lebih efektif. Kartu nama digital bisa menjadi salah satu contoh dari jenis inovasi ini.

Perbedaan Antara Inovasi, Kreativitas, dan Brainstorming

65 / 5,000 Translation results tiga orang tos bersama dengan seragam kasual di kantor

Sementara kreativitas adalah kapasitas tim Anda untuk berpikir kreatif, inovasi adalah tentang meningkatkan sistem yang sudah berjalan dengan baik atau mencari prospek baru yang relevan. Anda bisa menggunakan kreativitas sebagai keterampilan yang diajarkan untuk menghasilkan ide. Semua tindakan yang Anda ambil untuk memasukkan ide-ide segar ini ke dalam penawaran produk Anda dianggap sebagai inovasi.

Mengukur perbedaan antara inovasi dan kreativitas menawarkan perspektif lain. Karena kreativitas adalah tentang ide dan proses berpikir, maka sulit untuk diukur. Namun, Anda dapat mengukur inovasi dengan menghitung jumlah barang, layanan, atau praktik bisnis baru yang menginspirasinya.

Hubungan yang sama antara curah pendapat dan inovasi seperti halnya dengan kreativitas. Selama sesi curah pendapat, banyak orang berkumpul untuk menciptakan “brain dump” ide, banyak di antaranya yang tidak akan benar-benar dieksplorasi oleh tim Anda. Jika kemampuan untuk menghasilkan ide adalah kreativitas, maka brainstorming adalah proses untuk melakukannya.

Mengapa Kartu Pintar Merupakan Inovasi Pintar dalam Bisnis

dua kartu nama pintar GETAP di sisi kiri dan seseorang mengetuk kartu pintar di belakang telepon

Ada sejumlah faktor yang berkontribusi pada inovasi perusahaan yang mengesankan, seperti kartu nama pintar, antara lain:

Pembayaran Tanpa Kontak

Menukarkan uang atau kartu kredit di lingkungan asing tanpa mengetahui hukum sanitasi selama pandemi bisa menjadi hal yang meresahkan. Adopsi kartu tanpa kontak tap-to-pay meningkat pada tahun 2021 sebagai cara untuk meningkatkan keamanan. Untuk memfasilitasi pembayaran yang aman dan nyaman, chip pintar yang tertanam menyimpan dan memproses data.

Peningkatan Keamanan

Ada 1,4 juta kasus penipuan kartu kredit pada tahun 2020 saja. Di Eropa, 80% dari nilai penipuan disebabkan oleh penipuan card-not-present atau perilaku ilegal melalui saluran jarak jauh. Perusahaan sangat ingin memperkuat keamanan untuk semua saluran pembayaran, terutama layanan yang tersedia untuk pelancong bisnis, karena penipuan jarak jauh yang melibatkan transaksi lintas batas lebih menantang untuk diikuti.

Penggunaan kartu virtual semakin populer sebagai cara bagi bisnis untuk memenuhi tuntutan fleksibilitas dan keamanan. Kartu burner diterbitkan oleh bisnis untuk pembayaran satu kali, pembayaran reguler, atau sebagai kartu yang cukup baik untuk membayar semua biaya out-of-pocket yang terkait dengan perjalanan bisnis.

Pembayaran Lebih Cepat

Dengan menambahkan catatan elektronik segera pada saat pembelian, kartu pintar mengakhiri laporan pengeluaran. Perangkat lunak manajemen pengeluaran yang cerdas secara otomatis menerima dan merekonsiliasi transaksi, menunjukkan pengecualian hanya jika diperlukan. Hasilnya, karyawan dan pelancong asing tidak perlu khawatir tentang dokumen yang tidak perlu atau kuitansi yang salah tempat atau hancur. Demikian juga, untuk memenuhi tenggat waktu laporan, tim keuangan tidak perlu menindaklanjuti dengan anggota staf tentang menyerahkan laporan pengeluaran.

Kesimpulan

Inovasi tidak diragukan lagi sangat penting bagi keberhasilan bisnis. Tanpa inovasi, bisnis akan kesulitan di masa depan karena mereka tidak akan mampu berubah seiring perkembangan zaman. Pertumbuhan kartu nama digital seperti GOTAP sebagai bisnis inovasi akan sangat penting bagi bisnis yang berharap untuk sukses dalam jangka panjang.

0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop