two smart business cards GOTAP on the left side and someone is tapping the smart card on behind phone

Memahami Pentingnya Kartu Nama Pintar untuk Citra Merek

Kualitas citra merek Anda memiliki dampak yang sangat besar pada bagaimana klien melihat Anda dan apakah mereka memilih untuk berbisnis dengan Anda atau tidak, oleh karena itu pada pandangan pertama, reputasi dan citra perusahaan mungkin tampak identik. Namun, citra dan reputasi berbeda dalam beberapa hal. Citra perusahaan Anda tercermin dalam bagaimana konsumen memandang dan merasakan tentang barang-barangnya. Reputasi perusahaan tidak didasarkan pada analisis, pemikiran, atau informasi; sebaliknya, reputasi didasarkan pada persepsi dan keyakinan yang dipegang secara umum tentang merek Anda.


Tautan Cepat:

Apa itu Citra Merek?

seseorang menonton laptop putih dengan penjelasan persona merek di layar dan meja yang berantakan di sekitar laptop

Pandangan pelanggan tentang merek Anda sebagai hasil dari interaksi mereka dikenal sebagai citra merek. Citra merek dapat berubah dari waktu ke waktu dan tidak tergantung pada pelanggan yang membeli dari Anda atau menggunakan layanan Anda. Sangat penting untuk melakukan banyak upaya untuk menegakkan citra merek yang konsisten karena konsumen mungkin memiliki kesan yang berbeda-beda terhadap perusahaan Anda.

Bisnis menginvestasikan banyak pekerjaan untuk mengkurasi suara, kepribadian, dan posisi pasar merek mereka. Ini melampaui manifestasi luar seperti memiliki tanda, simbol, atau logo khas yang dapat digunakan bisnis untuk membedakan diri mereka dari pesaing. Semua blok bangunan merek ini memengaruhi bagaimana pelanggan terlibat dengan dan memandang perusahaan Anda, yang menghasilkan citra merek Anda.

Empat Fitur Citra Merek yang Harus Disertakan Kartu Nama Anda

png logo perusahaan terkenal di dunia; twitter, target, pepsi, olimpiade, apel, shell, nike, batman

Logo

Tanpa diragukan lagi, kartu nama Anda harus memiliki logo Anda dalam beberapa kapasitas. Pertimbangkan perusahaan-perusahaan terkenal yang bahkan tidak perlu memberikan nama perusahaan mereka, seperti Nike dan Starbucks. Ketika kita melihat tanda centang Nike atau putri duyung hijau, kita langsung mengenali mereknya. Karena Anda hanya memiliki sedikit ruang untuk digunakan pada kartu nama, memiliki logo Anda di mana saja di atasnya membantu menekankan citra merek Anda. Selain itu, logo yang dirancang dengan baik menjadi representasi yang tidak salah lagi dari cita-cita perusahaan Anda dan menanamkan kekaguman di hati klien Anda.

Warna

Warna merek Anda adalah persyaratan untuk kartu nama Anda karena akan membuat Anda lebih mudah dikenali oleh calon klien. Misalnya, McDonald’s langsung terlintas di benak kita ketika kita memikirkan warna merah dan kuning, sementara UPS terlintas di benak kita ketika kita memikirkan warna coklat dan emas. Kekuatan warna ada dalam hal ini. Faktanya, sebuah studi Universitas Loyola menunjukkan bahwa warna meningkatkan identifikasi merek hingga 80%, berkontribusi secara signifikan terhadap identitas perusahaan Anda. Akan aneh jika warna merek Anda biru dan kuning tetapi kartu nama Anda berwarna merah. Pelanggan mungkin berpikir Anda adalah perusahaan yang buruk untuk berinvestasi karena perilaku yang tidak jelas dan tidak konsisten ini.

Tipografi

Sama pentingnya dengan warna merek Anda adalah tipografi Anda. Sekali lagi, Anda ingin pelanggan Anda mengenali merek Anda ketika mereka melihat font yang Anda gunakan. Satuvision, salah satu agensi besar digital marketing merupakan contoh bagus dari tipografi.

Slogan

Slogan, juga dikenal sebagai tagline, memberikan informasi kepada klien tentang merek Anda yang tidak disediakan oleh logo Anda. Slogan tidak hanya memperjelas apa yang benar-benar dilakukan oleh perusahaan Anda, tetapi juga membantu membedakan Anda dari saingan Anda.

Baca Juga: Perkembangan Kartu Nama Kertas Menjadi Kartu Digital

Tiga Tujuan yang Harus Dicapai Kartu Bisnis

seorang pria berjas menyentuh ikon tujuan bisnis

Mungkin tidak sulit untuk membuat desain baru, tetapi sangat penting bahwa kartu nama baru Anda (dan semua jaminan lainnya) secara konsisten sesuai merek dan terkini dengan narasi perusahaan Anda.

Kartu nama Anda terutama harus menyelesaikan tiga tugas berikut ini:

  • Menarik perhatian calon pelanggan (akuisisi)
  • Menjelaskan secara singkat identitas dan pekerjaan Anda (branding)
  • Mendorong pelanggan untuk menghubungi Anda (keterlibatan)

Tujuan-tujuan ini tidak akan terpenuhi oleh kartu yang sudah ketinggalan zaman, yang memiliki branding yang sudah ketinggalan zaman dan informasi yang sudah ketinggalan zaman. Namun, jika kartu Anda mencapai tiga tujuan berikut, ada kemungkinan lebih besar bahwa prospek akan menyimpannya untuk digunakan di masa mendatang ketika mereka membutuhkan layanan Anda. Untuk alasan ini, sangat penting bagi Anda untuk mengubah kartu Anda jika diperlukan.

Baca Juga: Smart Tag NFC: Apa Keuntungannya?

Alasan mengapa kartu nama Anda harus diperbarui

kartu nama pintar modern dalam warna putih dengan elemen biru di atasnya

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, sangat penting bagi Anda untuk mempertahankan semua materi pemasaran Anda saat ini seiring dengan perkembangan perusahaan dan merek Anda. Perusahaan mungkin perlu mengubah kartu nama mereka karena beberapa alasan berbeda.

Alasan-alasan tersebut termasuk: Bisnis mengalami rebranding (logo baru, warna, dll.)

  • Ada data bisnis baru (nomor telepon baru, kantor baru, dll.)
  • Permintaan akan desain yang unik untuk acara-acara tertentu (pameran dagang, rapat, dll.)
  • Atau hanya karena Anda tidak melihat hasil yang diinginkan dari kartu nama Anda.
  • Anda memerlukan desain yang mudah diubah karena perkembangan pesat dalam jumlah karyawan Anda.

Poin terakhir yang dibuat di sini sangat penting: kartu nama pada dasarnya adalah alat pemasaran dan harus digunakan untuk mengiklankan perusahaan Anda. Beberapa bisnis mendorong calon pelanggan untuk mengambil tindakan dengan memanfaatkan fitur-fitur modern seperti kode QR. Jika Anda telah mendistribusikan ratusan kartu nama tetapi belum menerima prospek apa pun, mungkin ada masalah dengan desainnya; mungkin tidak jelas, sulit dilihat, atau gagal mengomunikasikan nilai yang Anda berikan. Apa pun penyebabnya, pembaruan diperlukan.

Baca Juga: Keberlanjutan Kartu Nama Pintar

Bagaimana Kartu Nama Pintar Meningkatkan Citra Merek

gadis cantik memegang smartphone dengan tangan kanannya dan melihat profilnya, sementara tangan kirinya memegang mobil bisnis pintar sebagai simbol citra merek

Konsisten dalam semua yang Anda lakukan adalah kunci untuk mengembangkan citra merek yang kuat untuk perusahaan Anda. Karena tampak lebih profesional, kartu nama pintar dapat meningkatkan citra merek perusahaan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Kesan pertama yang kuat yang dihasilkan oleh kartu nama pintar memberikan kesan yang lebih kredibel kepada pelanggan terhadap perusahaan Anda.  

Menurut penelitian, menampilkan merek Anda secara konsisten dapat meningkatkan penjualan Anda sebesar 23%. Oleh karena itu, pastikan bahwa situs web, platform media sosial, dan materi pemasaran berwujud, seperti kartu nama Anda, semuanya menggunakan branding dan pesan yang sama.

Kesimpulan

Salah satu faktor penting dalam kemampuan perusahaan untuk menarik lebih banyak pelanggan adalah citra mereknya. Ini membentuk citra dan reputasi merek di benak konsumen. Oleh karena itu, dengan kartu nama pintar yang dapat diandalkan seperti GOTAP, Anda dapat mencapai tujuan citra merek dan persepsi yang kuat di benak pelanggan sekaligus membantu menjaga konsistensi dalam bisnis Anda.

0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop